Saat ini teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat
pesat dimana perkembangan ini tidak bisa kita hindari. Perkembangan teknologi
informasi juga dipengaruhi oleh kemajuan ilmu pengetahuan yang seiring waktu
semakin menapaki langkah yang semakin maju.
Perkembangan teknologi informasi ini tidak hanya dapat
membantu cara hidup kita menjadi lebih modern, akan tetapi ada juga pengaruh
teknlologi informasi yang berdampak pada pola pikir dan kehidupan kita yang
berbeda dengan gaya hidup sepuluh tahun yang lalu. Kondisi ini bisa kita lihat
pada saat ini bahwa tidak ada jarak yang bisa memisahkan komunikasi antar
individu, meskipun berada di luar negeri, itu tidak menjadi sebuah masalah yang
besar semenjak pesatnya kemajuan dari teknologi dan informasi ditengah tengah
kehidupan kita. Perkembangan akan teknologi informasi yang kita dapat dewasa ini
memberikan pengaruh teknologi informasi yang bersifat positif maupun
negatif yang bisa manfaatkan maupun kita sikapi secara hati-hati.
Pengaruh teknologi informasi ini memberikan dampak
yang besar dan paling disoroti dalam dunia pendidikan dewasa ini. Sebab dunia
pendidikan rentan dimasuki dan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi
informasi baru apabila tidak kita pilah pengaruh teknologi informasi yang bersifat positif maupun
negatif, maka akan bersifat berbahaya. Tidak hanya untuk dunia pendidikan saja
yang mendapatkan pengaruh ini, dari segi kebudayaan pun akan tergerus oleh
pesatnya perkembangan teknologi informasi yang cepat dan tidak bisa kita
hindari ini. Dan tidak hanya pada dunia pendidikan maupun kebudayaan saja yang
akan terkena dampak atau pengaruh teknologi informasiyang berkembang sangat
cepat dan tidak bisa kita hindari ini, dunia bisnis pun saat ini telah
memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang sudah pesat. Penerapan teknologi
informasi sudah banyak diterapkan pada perusahaan perusahaan yang berskala
nasional maupun swasta. Penerapan teknologi dan informasi ini menyebabkan
perubahan dalam kebiasaan atau habit yang baru pada bidang bisnis. Seperti
pemanfaatan E-Commerce sebagai media perdagangan yang menggunakan media internet yang saat ini tidak sulit untuk
dijangkau oleh semua kalangan.
Bagi dunia bisnis, pengaruh ini
memberikan kemudahan dan kelancaran dalam melakukan urusan bisnis meskipun
rekan bisnis tersebut berada di negara lain, hal in ibisa diatasai dengan
memanfaatkan video conference maupun internet call yang bisa digunakan sewaktu waktu dan tidak
memungut biaya sedikit pun. Jejaring seperti ini hadir di semua industri
global. Pengaruh ini tidak hanya berdampak pada usahawan saja yang memiliki
perusahaan, pengaruh teknologi informasi ini juga memberikan dampak yang besar
terhadap para pegawainya. Dewasa ini para pegawai di perusahaan tidak perlu
lagi mengirimkan lembaran kerjanya secara manual dalam bentuk cetakan kertas,
hanya perlu memanfaatkan fasilitas email yang tersedia secara gratis sudah bisa
mengirimkan hasil laporan kerjanya tanpa harus terhalang oleh waktu dan tempat.
Pengaruh teknologi informasi secara tidak langsung
memberikan solusi yang dapat membantu urusan bisnis secara ringkas dan tidak
perlu lagi memakan biaya yang begitu besar. Seperti untuk mengadakan rapat,
kita saat ini tidak perlu lagi harus mengumpulkan orang satu per satu, kita
bisa memanfaatkan salah satu fitur yang berada pada handset ponsel pintar untuk melakukan sebuah rapat yang
fleksibel harus berada pada suatu tempat dan juga mengeluarkan biaya yang
terhitung tidak sedikit. Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi saat
ini menuntut manusia modern untuk bertindak dengan cepat pula, apabila kita
tidak bisa mengikuti gerak cepat dari perkembangan teknologi informasi ini,
kita bisa saja tertinggal jauh dibelakang, dan dunia kerja maupun bisnis dewasa
ini pun membutuhkan para pegawai yang bisa menggunakan perangkat hardware maupun software untuk
mendukung segala aktivitas kerjanya.
Perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih
dewasa ini merupakan bagian integral dari semua lapangan bisnis dewasa ini. Tak
ada satu pun dunia bisnis yang tidak terpengaru terhadap pengaruh teknologi
informasiyang cepat ini. Mau tidak mau para pelaku bisnis harus bisa mengikuti
laju dari perkembangan teknologi informasi yang serba cepat ini jika tidak
ingin dunia bisnisnya tertinggal jauh dengan para pelaku bisnis yang lain. [PY]
E-business
e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan
sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan
proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah
dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan
produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang
bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan
sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali
dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.
Marketspace adalah arena di internet, tempat
bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di
dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada
hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”,
dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas
melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran
barang atau jasa.
Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya,
dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk
maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi.
- Fokus. Produk-produk yang dijual di
internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer
produk.
- Banner
berupa teks,
karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi
dari banner berupa gambar.
- Ciptakan
2 level afiliasi.
Memiliki distributor
penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu
penjualan produk/bisnis.
- Manfaatkan
kekuatan e-mail.
E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet,
maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
- Menulis
artikel.
Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi,
sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
- Lakukan
e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk
pemasaran secara online.
- Komunikasi
instan. Terus
mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk
menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
Manfaat
E-business
Bagi
Perusahaan
• Memperluas pasar
hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa
menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi
dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
• Menekan biaya
menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi
berbasis kertas (paperbased information).
• Memungkinkan perusahaan
mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi.
Contohnya: www.dogtoys.com, www.cattoys.com, dan www.pawprintbooks.com
• Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe “pull”, yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan just-intime (JIT).
Contohnya: www.dogtoys.com, www.cattoys.com, dan www.pawprintbooks.com
• Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe “pull”, yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan just-intime (JIT).
• Memungkinkan
perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
• Menekan waktu antara
pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
• Meningkatkan
produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
• Menekan biaya
telekomunikasi.
• Manfaat-manfaat
lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus,
proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan
pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya
transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitas yang lebih tinggi.
• Fenomena jejaring
(internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra
bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga
kontrol kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah roduk atau jasa kerap
sangat ditentukan oleh faktorfaktor luar yang tidak berada di dalam kontrol
perusahaan
Bagi
Customer
• Memungkinkan konsumen
berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan
dari hampir semua lokasi.
• Memberikan pilihan
produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
• Memungkinkan konsumen
dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bias
berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
• Dalam beberapa kasus,
terutama produk yang terdigitalisasi, e-business memungkinkan pengiriman produk
secara cepat dan real-time.
• Memungkinkan
pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.
• Memungkinkan
pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronic communities
dan saling bertukar gagasan serta pengalaman.
• Memfasilitasi
kompetisi yang mengarah pada diskon substansial bagi pelanggan.
Bagi
Masyarakat Luas
• Memungkinkan lebih
banyak orang bekerja di rumah dan lebih jarang bepergian untuk berbelanja,
sehingga kemacetan dan polusi udara bisa berkurang.
• Memungkinkan beberapa
jenis barang dijual dengan harga murah, sehingga bias terjangkau oleh orang
yang kurang mampu.
• Memungkinkan
masyarakat di negara berkembang dan kawasan pedalaman menikmati produk dan jasa
yang relatif langka di tempat tinggalnya, termasuk di dalamnya belajar jarak
jauh lewat euniversity.
• Memfasilitasi
penyampaian jasa publik, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, dan
distribusi layanan social pemerintah secara lebih murah dan/atau berkualitas.
Keuntungan
yang ditawarkan
Terdapat lima keuntungan yang ditawarkan oleh
e-business (spectrum value e-business). Kelima keuntungan tersebut adalah
efisiensi, efektivitas, jangkauan, struktur, dan peluang. Perusahaan yang
menggunakan e-business yang ingin saya contohkan adalah KFC pesan antar.
Keuntungan yang didapat berdasarkan aspek
tersebut diatas adalah:
1. Aspek efisiensi
Manfaat paling cepat yang dapat diperoleh
perusahaan yang terjun dalam E-bisnis adalah perbaikan tingkat efisiensi. Dengan
dimanfaatkannya teknologi informasi di dalam berbagai rangkaian bisnis
sehari-hari, maka akan terlihat bagaimana perusahaan dapat mengurangi total
biaya operasional yang biasa dikeluarkan tersebut.
Layanan pesan-antar ini sudah berlaku di seluruh
Indonesia. Hanya saja, dari 425 store KFC, yang sudah menerapkan home
delivery sekitar 250. Per store (store yang besar)
diakuinya rata-rata 70-100 orderan/hari. Pada waktu Lebaran, penjualan bisa
mencapai 20%-30% dari delivery order. Dijelaskan Ghandi, penjualan total
pada kuartal I/2012 Rp 857,43 miliar naik 18,2% dari Rp 725,39 miliar pada
2011. Layanan delivery berkontribusi 10% terhadap penjualan total.
Laba bersih total naik 5,71% menjadi Rp37,71 miliar dari Rp35,95 miliar pada
periode yang sama 2011. Omset yang berasal dari delivery juga berasal
dari 10% omset total.
2. Aspek Efektifitas
Manfaat ini dapat dirasakan ketika terjadi perubahan-perubahan
yang cukup signifikan dalam cara perusahaan melakukan aktivitas operasional
sehari-hari. Dengan teknologi informasi perusahaan dapat berhubungan dengan
pelanggannya secara nonstop 24 jam.
Keuntungan yang diperoleh pelanggan pada layanan
pesan antar adalah dapat memesan makanan hanya melalui pesawat telepon.
3. Aspek Jangkauan
Perusahaan mampu memperluas jangkauan dan ruang
gerak perusahaan untuk ekspansi dengan mudah (menembus batas ruang dan waktu)
dan tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal.
Dengan layanan pesan antar, KFC mampu melayani
pelanggan yang cukup jauh jaraknya dan dapat melayani pelanggan yang tidak
memiliki waktu yang cukup jika harus langsung datang memesan seperti pegawai
perkantoran.
4. Aspek Struktur
Pelanggan dimanjakan dengan program hadiah free
product dari KFC serta program undian dari Bank Mandiri dengan hadiah utama
sebuah mobil Ford Fiesta. Untuk transaksi senilai Rp50 ribu atau kelipatannya,
pelanggan akan mendapat I poin undian berhadiah LED TV, Blackberry atau grand
prize mobil Ford Fiesta. Poin undian akan diundi selama 3 bulan sekali.
Sementara untuk transaksi minimal Rp100 ribu atau kelipatannya pelanggan akan
mendapat hadiah langsung berupa 1 Menu Praktis apa saja. KFC berharap dengan
kerjasama ini akan terjadi peningkatan penjualan sekitar 10-20%. “Program ini
serentak akan kami buka di sekitar 250 outlet.
Sementara bagi Bank Mandiri, kerjasama ini
dilakukan untuk mengakomodir semakin tingginya pemakaian kartu kredit dan
debit.
5. Aspek Peluang
Transaksi belanja pesan layan antar di restoran
KFC semakin mudah dengan menggunakan kartu kredit dan debit Mandiri.
Inovasi ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Bank Mandiri
(Persero) Tbk. dan PT Fastfood Indonesia selaku pemegang franchise tunggal KFC
di Indonesia. Melalui kerjasama ini pelanggan KFC akan lebih mudah dalam
melakukan transaksi pembayaran layanan KFC pesan antar. Jika sebelumnya
pelanggan hanya bisa membayar secara tunai, dengan kerjasama ini konsumen dapat
menggunakan Mandiri Kartu Kredit atau Mandiri Debit sebagai alat pembayaran.
No comments:
Post a Comment