MAKALAH
PENGARUH IT DALAM KEHIDUPAN DAN BISNIS
(Disusun
Guna Memenuhi Tugas Mandiri Mata Kuliah IT For Bussiness)
Dosen
: Firmansyah, S.IP., MH
Disusun
Nama : Nina Julita
NPM : 1173644
Jurusan / Prodi :
Syariah / Ekonomi Islam
Semester :
IV (Empat)
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
KOTA
METRO
2013
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur kami Panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya
sehingga kami dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Makalah IT For
Bussiness ini membahas tentang “PENGARUH IT DALAM KEHIDUPAN DAN BISNIS”
Dalam penyusunan makalah ini,
kami banyak mendapat beberapa hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai
pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, kami mengucapkan terima kasih
yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan
makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang
Maha Esa.
Kami menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya.
Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan
makalah selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah ini
dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.
Metro,
24 Maret 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA
PENGANTAR ............................................................................................ i
DAFTAR ISI .......................................................................................................... ii
BAB I.
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Masalah .................................................................. 1
2.
Rumusan Masalah ........................................................................... 1
3.
Tujuan Penulisan ............................................................................. 2
4.
Metode Pengumpulan Data ............................................................ 2
BAB II.
PEMBAHASAN
1.
Peranan TIK dalam Bidang Bisnis/Ekonomi .................................. 3
2.
Dampak dari Perkembangan IT dalam Bidang
Bisnis/Ekonomi ..... 5
a.
Keuntungan/Positif .................................................................. 5
b.
Kerugian/Negatif ...................................................................... 6
3.
Peran IT Bagi Sebuah Perusahaan ................................................... 7
4.
Manfaat TIK dalam Bidang Bisnis/Ekonomi .................................. 8
BAB III.
PENUTUP
1.
Kesimpulan ...................................................................................... 9
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Perkembangan
dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akhir–akhir ini dirasakan
hampir di setiap aspek kehidupan masyarakat. Sebagaimana setiap kemajuan
teknologi komunikasi yang lain, internet masuk ke berbagai bentuk kehidupan masyarakat.
Hal ini terjadi karena komunikasi adalah salah satu kebutuhan yang mendasar
pada masyarakat. Teknologi internet berkembang dan menyatu dalam sebuah ‘dunia’
atau ‘ruang maya’ atau sering disebut sebagai cyber-space, sebuah dunia atau
tempat orang dapat berkomunikasi, ‘bertemu’, dan melakukan berbagai aktivitas
ekonomi/bisnis.
Informasi
telah berubah bentuk menjadi suatu komoditi yang dapat diperdagangkan. Keadaan
ini terbukti dengan semakin berkembangnya bisnis pelayanan informasi, seperti
stasiun televisi, surat kabar, radio dan internet yang telah memasuki
sendi-sendi kehidupan manusia. Perubahan didukuung oleh kemajuan teknologi
informasi disegala bidang.
2.
Rumusan
Masalah
Dengan
memperhatikan latar belakang masalah di atas, dalam penelitian ini dirumuskan
permasalahan sebagai berikut:
a.
Apa peranan IT dalam Bidang Bisnis/Ekonomi ?
b.
Apa dampak positif dan negatif IT pada bisnis/ekonomi
?
c.
Apa peran IT bagi sebuah perusahaan?
d.
Apa manfaat dari perkembangan IT dalam bidang Bisnis/Ekonomi
?
3.
Tujuan
Penulisan
Sesuai dengan permasalahan yang telah di kemukakan di
atas, maka tujuan penulisan ini di arahkan untuk :
a.
Menguraikan apa peranan IT dalam bidang
bisnis/ekonomi.
b.
Menjelaskan efek IT dalam organisasi perusahaan.
c.
Mengatahui peran IT bagi sebuah perusahaan.
d.
Menguraikan Masalah dan pemecahannya akibat
perkembangan IT.
4.
Metode
Pengumpulan Data
Dalam penyusunan makalah
ini, perlu sekali pengumpulan data serta sejumlah informasi aktual yang sesuai
dengan permasalahan yang akan di bahas.
Sehubungan dengan masalah
tersebut dalam penyusunan makalah ini, kami menggunakan beberapa metode
pengumpulan data, yang pertama browsing di internet, kedua dengan membaca media
cetak dan yang ketiga dengan pengetahuan yang kami miliki.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Peranan TIK dalam Bidang Bisnis/Ekonomi
Peranan TIK dalam bidang bisnis sangat besar karena
tujuan dari bisnis adalah untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil
transaksi, baik barang maupun jasa. Penggunaan alat bantu TIK merupakan
keharusan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis.
Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan
untuk memproses gaji, data statistik, dan akunting (keuangan). Sistem komputer
melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis sudah
menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan
keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan. Bagi dunia bisnis,
jejaring telekomunikasi awalnya digunakan seperti halnya jejaring listrik,
distribusi air, dan jejaring utilitas lain. Ini merupakan sumber yang penting,
tetapi dulu perusahaan memiliki pengaruh yang kecil. Perusahaan-perusahaan
memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan
layanan yang dikelola secara monopoli. Hari ini, para pengguna korporat meletakkan
bersama keseluruhan jejaring di bawah kontrol mereka, memotong-pintas jejaring
publik sebagian atau seenuhnya. Deregulation dan teknologi digital baru telah
mengizinkan perusahaan untuk secara sadar merancang dan mengoperasikan jejaring
telekomunikasi internal dan privat untuk meningkatkan posisi kompetitif mereka.
Apa yang dulunya merupakan biaya untuk menjalankan bisnis, sekarang menjadi
sumber keuntungan kompetitif.[1]
Layanan TIK sekarang digunakan oleh semua sektor
ekonomik, mulai dari pertambangan dan pertanian sampai layanan finansial,
manufaktur dan kepariwisataan. Jejaring privat ini hadir di semua industri
global, di mana perusahaan multinasional menjadi perusahaan jejaring. Para
pengguna bisnis berskala besar memiliki kebutuhan akan sistem yang cost-effective,
leluasa, aman, automated, terpadu dan terandalkan. Jika para penyedia
layanan lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal,
perusahaan-perusahaan besar memiliki pilihan untuk mengembangkan sendiri
jejaring privat.
Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan
produksi dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan
kapabilitas video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan
pengembangan produk dan disain manufaktur.
Perusahaan-perusahaan kecil lebih terbatas
kemampuannya untuk mengembangkan jejaring TIK sendiri ataupun untuk menyewa,
karena besarnya biaya. Ini menjadi pilihan yang ekonomik hanya jika organisasi
tersebut cukup besar untuk menimbulkan cukup trafik untuk menghasilkan penghematan.
Oleh karena ini, perusahaan-perusahaan global merupakan pihak-pihak yang
pertama yang mengadopsi TIK baru. Sektor-sektor yang sangat bergantung pada TIK
mencakup, antara lain perusahaan-perusahaan layanan finansial.
Pada ruang lingkup yang lebih luas, sebagai contoh
pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat
menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada.
Departemen TI pada sebuah perusahaan mulai dibangun dan secara konstan diminta
untuk mengembangkan suatu layanan, mengembangkan suatu sistem, dan
mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) dikembangkan oleh
perusahaan untuk menyediakan informasi terkini mengenai operasi perusahaan dan
membantu membuat keputusan perusahaan. Adapun dari sisi pelanggan, peranan
sistem komputer adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas layanan.
Bagi bisnis perdagangan, seperti department store, sistem informasi manajetnen
memungkinkan pencatatan transaksi secara mudah dengan alat bernama barcode
reader, yaitu alat untuk membaca kode barang yang dihubungkan dengan
komputer. Penggunaan barcode reader memudahkan pramuniaga melayani pelanggan.
Oleh karena alat ini terhubung dengan komputer di kasir dan server maka dapat
dilakukan pengecekan hasil transaksi setiap saat untuk mengetahui jenis barang,
sisa stok, barang-barang yang harus segera diadakan oleh pemilik toko, dan yang
penting lagi dapat segera diketahui seberapa besar keuntungan yang diperoleh
dari transaksi. Semua itu dimungkinkan karena penggunaan komputer dan penerapan
program sistem informasi manajemen. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan
layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan
efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu
menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya
penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salahsatu aplikasi
perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama
kebanyakan. Sekarang bisnis menggunakan TIK itu sangat menguntungkan hanya
dengan menggunakan teknologi seperti internet, anda dapat mempromosikan bisnis
anda secara online (E-commerce) dengan cakupan dunia.[2]
2.
Dampak Keuntungan dan Kerugian IT Dalam Bidang
Bisnis/Ekonomi
a.
Keuntungan untuk Perusahaan/Perdagangan :
1)
Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka
lapangan pekerjaan.
2)
Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce
dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
3)
Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada
situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu
produk.
4)
Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena
pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu.
5)
Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi
6)
Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai tidak
banyak.
7)
Harga barang lebih murah, karena biaya operasionalnya
murah.
b.
Keuntungan yang diperoleh konsumen :
1)
Konsumen tidak perlu ke toko untuk mendapat barang.
2)
Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan.
3)
Konsumen dapat membandingkan harga dari pemasang iklan
lain di internet.
4)
Konsumen dapat membeli barang yang di dalam negeri
tidak ada.
5)
Harga barang lebih murah.
c.
Kerugian
1)
Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet
menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti
transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
2)
Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening
suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
3)
Adanya pengrusak di bidang IT itu sendiri dengan cara
meng HACK, CRACK, SPOOF.
4)
Ketidakterbatasan informasi dapat membuat seseorang
tergila-gila dengan internet dan jarang bergaul dengan lingkungan luar.
5)
Banyaknya tindakan asusila yang dapt diakses dari
internet.
6)
Bertambah nya hacker, cracker, dan kejahatan lain di
dunia maya.
7)
Transaksi bisnis juga ada yang dicurangi karena akses
yang mudah di dunia maya.
8)
Kecurangan di dalam dunia maya dengan mencuri data
account orang lain.
9)
Kesenjangan sosial antara miskin dan kaya semakin
besar.
10) Adanya
pornografi dan kekerasan di dunia maya yang dapat diakses oleh siapa pun.
3.
Peran
IT Bagi Sebuah Perusahaan
Ada
beberapa Peran teknologi informasi bagi sebuah perusahaan dapat kita lihat
dengan menggunakan kategori yang diperkenalkan oleh G.R. Terry,ada 5 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah
perusahaan :
a. Fungsi Operasional : akan membuat
struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh
teknologi informasi Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi
organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan
fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai
sebuah firm infrastructure.
b. Fungsi Monitoring and Control
: mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang
tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap
fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat
memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya
interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.
c. Fungsi Planning and Decision
: mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi
karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan
merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang
dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting
sehari-harinya.
d. Fungsi Communication : secara
prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi moderen
dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media
individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan
berinteraksi.
e. Fungsi Interorganisational
: merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat
globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin
kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis atau
partnerships berbasis teknologi informasi seperti pada implementasi Supply
Chain Management atau Enterprise Resource Planning membuat perusahaan melakukan
sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit teknologi
informasinya. Bahkan tidak jarang ditemui perusahaan yang cenderung melakukan
kegiatan pengalihdayaan atau outsourcing sejumlah proses bisnis terkait dengan
manajemen teknologi informasinya ke pihak lain demi kelancaran bisnisnya. Tipe
dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara langsung akan berpengaruh
terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan; dan struktur
organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan system informasi,
teknologi informasi, dan manajemen informasi.
4.
Manfaat dari
perkembangan IT dalam bidang Bisnis/Ekonomi
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa computer akan sangat
penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan
menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.Sistem Informasi Manajemen (SIM) /
Management Information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah
banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa
baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan
dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin
kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat
dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan
tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba,
inventori dan sebagainya.
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Untuk mempertahankan kelangsungan hidup suatu organisasi,
harus disadari bahwa lingkungan usaha akan selalu berubah, termasuk teknologi
informasi yang juga mengalami perkembangan. Dengan berkembangnya teknologi
informasi mengakibatkan perubahan-perubahan dalam bidang ekonomi akan
menyesuaikan dengan perkembangan kegiatan perusahaan. Kehadiran teknologi
informasi memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, seperti mampu meringankan
aktivitas bisnis yang kompleks serta menghasilkan informasi yang dapat
dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji dalam
rangka perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan manajemen. Selain
itu efisiensi operasi perusahaan dan kinerja perusahaan juga dapat
ditingkatkan. Akibatnya perusahaan dapat tetap bertahan dalam era informasi
serta mampu menghadapi persaingan pasar global.
Selain menghasilkan manfaat, perkembangan teknologi
informasi juga dapat menimbulkan beberapa dampak negatif bagi perusahaan,
seperti tertutupnya kesempatan kerja, timbulnya resistance to change serta
timbulnya kejahatan-kejahatan teknologi informasi yang dapat merugikan
perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA
Gordon,
Judit R. (1993). Organizational Behavior. 4th edition. Needham Height-
Mampu: Allyn and Bacon.
Kontribusi
sektor TI dalam Pertumbuhan Ekonomi Zulkarimen Nasution, Perkembangan
Teknologi Informasi, Universitas Terbuka, Jakarta, 2005.
http://indo-komputer.blogspot.com/2011/09/manfaat-teknologi-informasi-dan.html
http://www.ari-sulistiyo.blogspot.com/
http://www.ari-sulistiyo.blogspot.com/
No comments:
Post a Comment